Name:  Jokowi.jpg
Views: 4338
Size:  31.6 KB


Bagaimana Jokowi mengantisipasi banjir yang siap mengancam Ibukota DKI Jakarta? Ternyata Gubernur ini memiliki cara tersendiri dalam mengatasi bencana langganan ini. Salah satunya simulasi di lapangan.


Seperti kata motivator pembicara terbaik, mencegah lebih baik daripada mengobati, maka mencegah datangnya banjir tentu lebih mudah daripada mengatasinya. Namun, Jokowi siap mengatasi banjir bersama 'pasukannya'.


Pagi ini ia memimpin apel kesiapsiagaan penanggulangan banjir dan simulasi di lapangan."Saya tungguin di lapangan," kata Jokowi. Nungguin di lapangan maksudnya seperti apa? "Ya nggak perlulah ikut nyemplung. Jadi ikut mengontrol manajemen evakuasi di lapangan," ungkap mantan Walikota Solo tersebut di sela-sela memantau simulasi penanggulangan banjir di Kelurahan Bukitduri, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (6/11).


Kesiapan aparat dalam menghadapi bencana banjir dinilai Jokowi telah memiliki kesiapan cukup. "Kalau kita lihat sekarang, yang saya lihat, sangat siap. Peralatan siap. Personel juga siap. Tinggal nanti bagaimana manajemennya di lapangan. Ini yang akan kita coba sekarang," paparnya.


Manajemen yang dicoba Jokowi ialah titik evakuasi, titik dapur umum dan titik lainnya. Sehingga ketika bencana datang tidak lagi mencari-cari. Selain simulasi, bentuk antisipasi lainnya ialah kerja bakti jangka pendek, jangka panjang dan pelebaran kali. Semoga saja Jakarta tahun ini tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu 'sengsara' kala banjir datang.