Name:  bolumengembang.jpeg
Views: 10228
Size:  9.2 KB

Cara agar cake tidak kempis terletak pada pengolahan bahan adonan. Kue bolu bisa mengembang dan hasil resep enak dengan langkah-langkah berikut:

  1. Jika Anda harus menggunakan mixer, laukanlah secara bertahap. Kecepatan rendah digunakan di awal lalu berangsur maksimal. Turunkan kecepatan mixer jika adonan sudah mulai mengental.
  2. Dalam mengocok adonan, pastikan Anda mengocoknya hingga benar-benar lembut tanpa ada sisa tepung di dasar wadah. Jejak mixer seperti spiral setiap kali mengaduk adonan adalah tanda bahwa adonan sudah lembut.
  3. Hindari memasukkan cake ke dalam oven yang masih dingin. Panaskan terlebih dahulu ketika ingin memanggang. Kue akan kempis jika masuk ke oven yang masih dingin.
  4. Bila Anda membuat kue yang dikukus, pastikan airnya benar-benar mendidih dan dandang sudah panas.
  5. Kadang ada kue yang mengharuskan Anda untuk tidka membuka oven saat memanggang. Misalnya pada kue soes. Proses pemanggangan dan pengembangan cake akan terhambat sebab perubahan suhu yang drastis terjadi ketika Anda membuka oven.
  6. Bila menggunakan telur, jangan memproses telur dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas. Pastikan telur sama dalam suhu ruangan.

ClubOn ingin memasak kue yang menyehatkan? baca juga artikel bahan alami adonan kue.