Name:  amas.jpg
Views: 491
Size:  9.7 KB

"Standar Emas" didefinisikan sebagai penggunaan emas sebagai standar nilai uang suatu negara
. Jika sebuah negara akan menebus semua uang dalam emas, maka negara tersebut menggunakan standar emas. Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya telah menggunakan standar emas pada awal 1900-an. Pada saat ini peran emas dalam sistem moneter dunia luas diabaikan. Inggris meninggalkan standar emas pada tahun 1931, Amerika Serikat meninggalkannya pada tahun 1971. Kepemilikan emas masih dipertahankan karena merupakan komoditas yang tidak dapat dimanipulasi dan diakui secara internasional. Pada tanggal 15 Agustus 1971, dunia memasuki era pertama dalam sejarah di mana tidak ada kertas yang beredar karena menggunakan standar emas.

Sejak 1976, pemerintah AS tidak lagi menetapkan nilai emas dalam dolar. Harga emas naik dan turun dalam kaitannya dengan permintaan untuk logam;koin emas belum dicetak sebagai mata uang legal sejak 1933. Pada tahun 1986, US Mint tidak mengeluarkan koin emas untuk kolektor dalam empat denominasi: $ 50, $ 20, $ 10, adnd $ 5. Dan memang ada Fort Knox: Sejak tahun 1937, sebagian besar emas telah tersimpan di sana, di bawah tanah. Meskipun sistem moneter dunia tidak lagi didasarkan pada nilai emas, tetapi banyak orang masih tertarik dan terkesan dengan nilai emas. Emas adalah logam berharga dengan banyak menggunakan teknologi tinggi, dan logam yang indah yang masih menghiasi artefak raja-raja.

Manfaat Dari Standar Emas
Manfaat utama dari standar emas adalah menjamin keadaan disaat mengalami tingkat inflasi yang relatif rendah. Selama pasokan emas tidak berubah terlalu cepat, pasokan uang akan tetap relatif stabil. Standar emas mencegah negara untuk mencetak uang yang terlalu banyak. Jika pasokan uang meningkat terlalu cepat, maka orang akan menukarkan uang untuk emas. Jika hal ini berlangsung terlalu lama,kas pada akhirnya akan kehabisan emas. Standar emas memberikan manfaat untuk pasar valuta asing. Jika Kanada telah menetapkan standar emas dengan harga $ 100 per ons, dan Meksiko juga menetapkan standar emas dan mengatur harga emas pada 5.000 peso per ons, maka satu dolar Kanada harus bernilai lima puluh peso. Menggunakan standar emas ekstensif menyiratkan sistem kurs tetap.

Seperti peribahasa bangsa Jerman : "Emas Mengatur Seluruh Dunia"