Results 1 to 1 of 1
  1. #1

    10 Tips Merawat Mesin Mobil Anda

    seminar financial revolution

     

     

     

     

     

     

    Perbaikan, memelihara dan menjaga mobil adalah kewajiban bagi pemilik mobil untuk perjalanan selalu nyaman dan mesin mobil selalu dalam keadaan baik untuk digunakan.

    Survei terbaru menunjukkan bahwa 5 dari 10 kecelakaan bisa saja dialihkan dengan hanya melakukan perawatan dasar pada kendaraan Anda. Hanya dengan melakukan perawatan sederhana pada kendaraan Anda, Anda dapat memperpanjang umur mobil Anda, membantu dengan environmen sehat dan stabil.

    Perawatan dasar dimulai dengan dasar Anda tune-up. Untuk itu Anda perlu busi, kabel pengapian, topi distributer dan rotor. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga mesin mobil Anda selalu dalam keadaan baik:

    1. Anda mengganti oli mobil setiap 3.000 sampai 5.000 mil. Mesin Anda akan mulai membuat suara-suara aneh jika tidak dilakukan penggantian oli. Ketika melakukan ganti oli, pastikan Anda mengubah filter oli juga. Ini akan tidak ada gunanya jika Anda menjalankan minyak bersih melalui filter oli kotor.

    2. Periksa ban setiap bulan. Dengan memeriksa ban Anda itu akan memastikan keselarasan Anda tidak off menyebabkan gudang tidak merata pada ban Anda. Pastikan ban mobil Anda benar meningkat. Jika ban kekurangan tekanan udara atau di atas inflasi, yang dapat menyebabkan masalah serius kemudian di jalan.

    3. Periksa semua tingkat cairan. Cairan Anda akan perlu memeriksa akan mencakup power steering, rem, antibeku, mesin cuci pelarut dan cairan transmisi. cairan ini sangat penting untuk operasi dan berjalan aman kendaraan.

    4. Periksa knalpot mobil ketika sedang berjalan untuk memastikan bahwa ia memiliki aliran udara yang baik melalui itu. Jika knalpot terpasang, pastikan Anda menggantinya segera.

    5. Bersihkan posting baterai dan kabel bila perlu dan menganalisis titik koneksi untuk korosi. Periksa cairan baterai dan pastikan ia memiliki cukup cairan, kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaan.

    6. Periksa sabuk mesin untuk setiap Knicks. Pastikan sabuk berjalan pada jalur yang benar. Anda tidak ingin mengganti sabuk atau bahkan lebih buruk lagi, pompa air saat Anda sedang duduk di sisi jalan.

    7. Di bawah mobil, Anda akan menemukan beberapa wadah grease sampai grease komponen bergerak seperti sendi bola dan dasi-batang. Pemeliharaan yang buruk dari bagian-bagian yang tepat dapat menempatkan mobil Anda ke dalam selokan atau bahkan lebih buruk menyebabkan kecelakaan.

    8. Pastikan semua lampu dan lampu belakang bekerja. Periksa semua lampu pada mobil Anda untuk melihat apakah mereka semua bekerja, jika mereka tidak, menggantinya secepat Anda bisa.

    9. Memeriksa dan melihat apakah wiper Anda bekerja. Jika Anda mengaktifkan wiper Anda dan Anda memiliki goresan pada kaca depan, menggantikan wiper ketika Anda mendapatkan perubahan. Anda harus melihat saat Anda pergi berkendara di jalan.

    10.Mengecek starter pada mobil.
    Bila mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat.

    Hal pertama yang perlu diketahui adalah sistem kelistrikan mobil, konvensional ataukah mobil modern yang sudah menggunakan CDI (dalam arti serba elektronik). Bila mobil Anda telah menggunakan sistem serba elektronik, jangan berusaha untuk membetulkannya secara manual karena sistem ini membutuhkan ahli mekanik yang handal serta peralatan yang hanya ada di bengkel-bengkel mobil.

    Biasanya ada dua hal yang menjadi penyebab mobil tidak bisa di-starter, pertama adalah karena aki yang sudah dalam kondisi kurang bagus sistem kelistrikannya.

    Kedua adalah karena supply listrik pada dinamo pada sistem pengapian konvensional. Bila mobil tidak bisa di-starter adalah karena suplai bahan bakar/udara yang kurang pada sistem karburator (dalam hal ini berarti saringan karburator kotor). Periksa saringannya, cabut filter-nya dan bersihkan dengan kuas atau sikat gigi. Jangan gunakan alat pemanas seperti hair-dryer dan sejenisnya, karena hal tersebut bisa merusak dinding saringan udara.Bila semuanya sudah dilakukan dan tidak ada perkembangan, bawalah mobil Anda ke bengkel terdekat.
    Last edited by okha; 16-01-12 at 17:12.

 

 




Informasi Terkait  

  1. Replies: 4
    Last Post: 03-04-13, 13:54
  2. Replies: 0
    Last Post: 12-01-12, 19:01
  3. 7 Tips Aman dan Nyaman Traveling dengan Motor
    By claudia in forum Backpacker
    Replies: 0
    Last Post: 22-12-11, 14:03
  4. Replies: 0
    Last Post: 20-09-11, 14:01

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
All times are GMT +7. The time now is 19:43.
Powered by vBulletin® Version 4.2.0
Copyright © 2014 vBulletin Solutions, Inc. All rights reserved.