Results 1 to 1 of 1
  1. #1

    Jenis Ban Motor dan Kegunaannya

    seminar financial revolution

     

     

     

     

     

     

    Seiring perkembangan industri ban, dan produk karet hitam saat ini makin banyak pilihan. Tak hanya ukuran, pattern (bentuk alur-red), sampai unsur-unsurnya pun beragam. Tak heran, banyak bikers ganti ban diluar dari ukuran yang direkomendasi. “Perbedaan ukuran, pattern sampai kompon pasti ada efeknya. Karena desain ban standar sudah melalui berbagai riset validasi tes berkait performance, stability, torsi mesin dan lainnya.

    Name:  Jenis Ban Motor dan Kegunaannya.jpg
Views: 2731
Size:  10.0 KB

    Demikian juga perbedaan kompon, seperti aplikasi ban balap atau racing untuk harian. Ban balap dipakai buat harian akan bermasalah kalau di kondisi jalan dicampur lumpur, genangan air dan pasir. Dan kegunaannya tidak akan tidak semaksimal ban harian. Soalnya patern atau pola si kulit bundar buat kompetisi enggak diperuntukan harian. Compound pun akan cepat habis. Berbeda buat harian yang dirancang untuk penggunaan yang panjang.

    Jenis ban dan kegunaannya :

    1.Ban Slick – Balap Sirkuit
    Ban Slick, siapa yang tidak tau ban jeni ini? ban ini hanya untuk balap dan harganya selangit. Tapi bila hobi ngetrek di sirkuit sentul pilihan terbaik adalah menggunakan ban ini. Tapi harus diinget, ban ini hanya bisa digunakan saat sirkuit dalam kondisi kering dan menggunakan tire warmer
    • Tidak memiliki alur
    • (Kompon) Amat sangat lunak
    • Hanya bisa digunakan di sirkuit dengan kondisi kering
    2. Ban Basah – Balap Sirkuit
    Meski memiliki alur seperti ban off road atau ban jalan raya, jangan keliru. Ban ini cuma bisa dipakai di sirkuit dalam kondisi basah. karena ban ini akan sangat mudah menjadi panas karena memang diciptakan untuk mencari grip disaat hujan atau jalan basah. Apakah bisa dipake dijalan raya? Bisa aja sih, tapi ban akan sangat mudah aus!
    • Alur sangat banyak – maksimal
    • (Kompon) seluruh kompon sangat lunak
    • Meski seperti ban jalan raya namun hanya bisa digunakan di trek
    3. Ban Semi Slick – Balap / Jalan Raya Kering (alternatif)
    Ini merupakan ban stadar Superbike dan Supersport. Disebut ban semi slick. Karena memang sepintas seperti ban slik namun ban ini memiliki alur. Ban ini memang bisa dan untuk digunakan dalam balapan disirkuit. Dan juga dengan adanya alur, artinya ban bisa juga digunakan di jalan raya, tapi ingat komponenya sangat lunak jadi bukan keausan yang terjadi, namun paku payung pun bisa nancap di ban tipe ini.
    • Alur ban Minimal
    • (Kompon) seluruh kompon sangan lunak
    • Lebih cocok digunakan di track tetapi bisa digunakan di jalan raya dalam kondisi kering.
    4. Ban Dual Purpose – Track – Jalan Raya
    Ban ini bisa digunakan di trek ataupun di jalan raya dengan kualitas sama baik antar keduanya. Tetapi jangan harap ban ini akan berfungsi sama baik dengan ban Semi Slick apalagi slick jika berada disirkuit atau berfungsi sebaik ban jalan raya pada umumnya. Tetapi buat pehobi motor yang gemar city ride ataupun track day ini pilihan yang tepat!
    • Alur ban relatif sedang
    • (Kompon) terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (Lembut)
    • Relatif cukup baik digunakan di Track dan di jalan raya, meski tidak akan maksimal
    5. Ban Jalan Raya Murni
    Ban buat jalan raya atau harian. Nah kalo penggunaanya untuk aktifitas hari hari di kota, seperti ngantor, jalan-jalan ke mall, ngapelin pacar. Inilah ban yang cocok. Serba pas! Tapi namanya ban buat harian, nggak cocok dipake di trek meski oke juga dipake turing!
    • Alur ban relatif sedang
    • (Kompon) ban terbagi dua, bagian tengah (Sedang) bagian samping (keras)
    • Sangat baik digunakan di aspal jalan raya dengan kondisi normal
    Jika ada pengalaman bagi para clubon tentang ban kalian bisa sharing, di thread ini.
    Last edited by vianliem; 16-09-11 at 19:13.

 

 




Informasi Terkait  

  1. Replies: 1
    Last Post: 17-09-11, 14:52
  2. Cara Baca dan Membedakan Ukuran Ban Motor
    By vianliem in forum Roda dua
    Replies: 0
    Last Post: 14-09-11, 20:05
  3. Proses Modif Motor Menggunakan Fiberglass
    By vianliem in forum Roda dua
    Replies: 0
    Last Post: 14-09-11, 18:33
  4. Spesifikasi Motor Suzuki Tytan
    By vianliem in forum Roda dua
    Replies: 0
    Last Post: 14-09-11, 15:16
  5. Cara Mencuci Motor dan Merawat Cat Motor
    By vianliem in forum Roda dua
    Replies: 1
    Last Post: 14-09-11, 15:02

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
All times are GMT +7. The time now is 05:07.
Powered by vBulletin® Version 4.2.0
Copyright © 2014 vBulletin Solutions, Inc. All rights reserved.