Results 1 to 4 of 4
  1. #1

    Sejarah Ditemukannya Permainan Beregu Bola Voli

    seminar financial revolution

     

     

     

     

     

     

    Sejarah permainan voli, yakni Pada tahun 1895, William C. Morgan, seorang direktur YMCA di Holyke, Massachusetts, menemukan sebuah permainan yang bernama mintonette dalam usahanya memenuhi keinginan para pengusaha lokal yang menganggap permainan bola basket terlalu menghabiskan tenaga dan kurang menyenangkan.

    Name:  Sejarah Ditemukannya Permainan Beregu Bola Voly.jpg
Views: 8121
Size:  11.9 KB

    Permainan ini cepat menarik perhatian karena hanya membutuhkan sedikit ketrampilan dasar, mudah dikuasai dalam jangka waktu latihan yang singkat, dan dapat dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat kebugaran.


    Permainan ini dahulunya menggunakan bola yang terbuat dari karet bagian dalam bola basket. Peraturan awalnya membebaskan berapa pun jumlah pemain dalam satu tim. Tapi pada tahun 1896 nama permainan ini diubah oleh Alfred T. Halstead, yang setelah menyaksikan permainan ini, menganggap bahwa bola voli lebih sesuai menjadi nama permainan ini mengingat ciri permainan ini yang dimainkan dengan melambungkan bola sebelum bola tersebut menyentuh tanah (volleying). Sampai sekarang permainan menjadi permainan beregu yang terkenal, tengah menjadi cabang olahraga yang bergengsi di dunia termasuk Indonesia.

  2. #2

    Lapangan, Aturan Main, Perhitungan Point di Permainan Voli

    Dalam ukuran lapangan di permaminan bola voli pada umunya berukuran 9 meter x 18 meter, mengenai ukuran tinggi net untuk grup putra biasanya 2.43 meter dan untuk net grup putri biasanya berukuran 2.24 meter. Garis batas penyerangan untuk pemain belakang, jarak 3 meter dari garis tengah (sejajar dengan net). Biasanya lebar ukuran untuk garis tepi lapangan adalah 5 cm.


    Aturan mainnya :
    • Setiap tim terdiri dari minimal 8 orang dengan 6 pemain inti dan 2 cadangan
    • Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi, mau berapa kali ganti juga tidak apa selama tidak melewati batas 8 orang tersebut.
    • Setiap pertandingan berlangsung 3 babak (best of three), dengan sistem tree winning set. Jadi, kalau belum ada tim yg memenangkan 3 babak maka petandingan dilanjutkan hingga ada tim yg mencapai angka kemenangan 3 babak.
    • Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila poin peserta seri (24-24) maka pertandingan akan ditambah 2 poin (jus). Peserta yg pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangi pertandingan.
    • Setiap team diwajibkan bertukar sisi lapangan pada saat setiap babak berakhir. Dan jika skor 2-2 maka pada point 8 kedua tim wajib bertukar tempat.
    • Official time out terjadi pada saat point 8 pertama dan point 16 pertama
    • Kedua tim berhak melakukan time out sebanyak3 kali setiap babaknya


    Perhitungan Angka atau Point
    • Untuk mendapatkan point tim harus menjatuhkan bola di dalam bidang lapangan lawetiap tim berhak melakukan 3x sentuhan
    • Setiap bola datang dr arah lawan
    • Bila ebih dr 3 sentuhan maka point untuk lawannya
    • Seluruh badan legal digunakan untuk memantulkan bola

  3. #3

    Teknik Dasar Permainan Voli - Belajar Passing dan Block

    Teknik dasar permainan bola harus minimal menguasai, yaitu : Passing. Pengertian dari passing adalah mengarahkan kedua tangan ke arah bola dimana bola tersebut akan jatuh (mengalangi terjadinya point). Tujuannya untuk mengambil bola, mengoperkan bola ke teman, mengumpankan bola ke teman, memasukkan bola ke daerah lawan. Teknik passing dibagi menjadi 2 yaitu:


    1. Teknik passing atas
      Teknik passing atas dilakukan dengan 2 tangan. Langkah-langkah passing atas seperti: Sikap kaki kuda-kuda sedikit melipat, badan agak condong ke depan siap di muka dada, pada saat bola tiba di tangan, maka tangan segera ditempatkan dibawah bola, jari-jari tercerai membentuk setengah bulatan, perkenaan bola pada jari-jari yang membentuk setengah lingkaran tadi lalu bola agak didorong lurus kedepan ditambah lecutan pergelangan tangan.
    2. Teknik passing bawah
      Teknik passing bawah dilakukan dengan 2 tangan. Langkah-langkah passing bawah adalah sebagai berikut: Sikap awal kita berdiri tegak, lalu kedua kaki dibuka kebelakang, kedua lutut ditekuk. Kedua lengan dirapatkan dari pergelangan hingga siku. Kedua telapak tangan mengepal dan dirapatkan dan saling berpegangan, dengan posisi ibu jari di atas dan sejajar. Posisi saat bola datang, ayunan kedua tangan menyongsong bola.


    Setelah clubon bisa teknik dasar passing, mulai belajar block. Pengertian block adalah upaya menahan bola yang datang dari daerah lawan, yang dilakukan oleh pemain depan.Langkah-langkah melakukan block adalah sebagai berikut:
    Dua atau tiga pemain yang akan melakukan block melakukan tolakan bersamaan, semua pasangan tangan pemblock membuat benteng pertahanan yang rapat, sehingga tidak ada celah yang bisa meloloskan pukulan lawan ke daerah kita.


    Macam-macam block :


    1. Block Bola Open
      Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi tangan berada didepan dada. Blocker melompat setelah spiker lawan melakukan lompatan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut ▒ 100║, kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.
    2. Block Bola Semi
      Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi kedua tangan dinaikkan berada diatas depan kepala. Blocker tetap melompat setelah spiker lawan melakukan lompatan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut sehingga membentuk sudut ▒ 110║, kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical.
    3. Block Bola Quick
      Blocker bergerak mendekati lawan yang akan melakukan spike, posisi kedua tangan diluruskan. Blocker melompat bersamaan dengan spiker lawan, sebelum melompat posisi badan direndahkan dengan menekuk lutut tidak terlalu dalam (sudut lutut ▒ 135║), kemudian blocker melompat setinggi mungkin dengan arah lompatan vertical

  4. #4

    Teknik Smash Untuk Mencari Point pada Permainan Bola Voli

    Clubon sudah bisa passing dengan akurat, blocking dengan kuat, kurang abdol jika belum bisa mencetak point dengan smash. Pengertian smash (spike) pada permainan bola voly adalah memukul bola dengan keras dan menukik kedaerah lawan. Langkah-langkah melalukan spike adalah sebagai berikut:

    Sikap permulaan sekitar dua langkah dari net. Kaki kanan dibelakang dan kaki kiri didepan. Pada saat kaki kanan melangkah maju kaki kiri menolak tanah, kedua tangan ditarik kebelakang lurus setinggi bahu kurang sedikit. Pada saat kaki kanan menapak kaki kiri segera disejajarkan kaki kanan, dalam waktu bersamaan kedua kaki menolak ke atas sambil tangan memukul bola dengan menukik kedaerah lawan. Gerakan ini harus cepat dan kuat sehingga tidak bisa di block oleh lawan.


    Macam-macam smash
    1. Open
      Pemukul melakukan gerak awalan setelah bola lepas dari tangan pengumpan, bola dipukul dipuncak loncatan dan jangkauan lengan yang tertinggi.
    2. Semi
      Setelah bola lepas dipasing kearah pengumpan, pemukul harus mulai bergerak perlahan kedepan dengan langkah tetap menuju kearah pengumpan. Begitu pengumpan menyajikan bola dengan ketinggian 1m ditepi atas net maka secepatnya pemukul meloncat keatas dan memukul bola. Disini kecepatan gerak harus lebih cepat dari pada smash dengan bola Open
    3. Quick
      Begitu melihat bola pasing ke pengumpan, maka pemukul melakukan awalan secepat mungkin, dengan langkah yang panjang. Timing meloncat sebelum bola diumpan dengan jarak satu jangkauan lengan pemukul dengan bola yang akan diumpan. Pemukul melayang dengan tangan siap memukul, pengumpan menyajikan bola tepat didepan tangan pemukul. Lakukan pukulan dengan secepat▓nya, gerakan pergelangan tangan yang cepat sangat baik hasilnya. Loncatan smasher vertikal, jagalah keseimbangan badan pada saat melayang.
    4. Straight
      Smasher sebelum melakukan gerakan awalan, terlebih dahulu bergerak kearah luar lapangan mendekati tiang net, smasher melakukan awalan bergerak arah paralel dengan jaring. Begitu bola sampai dibatas tepi jaring dengan ketinggian optimal bola, segeralah melompat dan langsung memukul secepatnya. Proses menjalankan teknik ini lebih cepat dibandingkan smash dengan bola semi.
    5. Drive
      Smash ini biasanya digunakan oleh pemain untuk bola jauh dari net, saat meloncat smasher agak dekat dibawah bola, berbeda dengan saat meloncat pada smash normal. Bola yang akan di smash terletak diatas kanan bahu lengan pemukul. Gerak lecutan tangan dari depan atas badan diputarkan kearah yang berlawanan dengan arah jarum jam, telapak tangan membentuk cekungan seperti sendok. Cambukan keras, perkenaan bola dibagian belakang kearah bagian muka dengan telapak tangan, aktifkan gerakan pergelangan tangan . Gerakan cambukan harus dibantu oleh otot▓ perut, samping dan bahu. Akibat cambukan kurve jalan bola akan panjang dan putaran bola menjauhi net, bola bergerak dengan cepat dan tajam.
    6. Bola 3 meter
      Smash ini adalah serangan yang dilakukan dari belakang garis serang, pemukul yang berfungsi sebagai pemain belakang pada saat tolakan tidak boleh menginjak atau melewati garis serang, tetapi pada saat mendarat boleh saja jatuh didalam garis serang.
    7. Kijang
      Biasanya umpan bola back, pemukul melakukan langkah panjang dan naik dengan tolakan loncatan menggunakan satu kaki, pemukul tangan kanan menolak dengan kaki kiri.
    8. Double Step
      Smash dengan menggunakan gerak tipu, disini pemukul melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan meloncat. Tolakan pertama hanya berupa tipuan untuk mengecoh block, baru pada tolakan kedua pemukul meloncat dan melakukan serangan.
    9. Step L
      Smash ini hampir sama dengan smash normal, tetapi gerakan awalan berbeda. Pemukul melangkah kedepan, kemudian melakukan langkah kesamping sebelum tolakan, baru kemudian melompat naik untuk melakukan serangan.

 

 




Informasi Terkait  

  1. Sejarah Pemainan Basket di Indonesia
    By vian in forum Basket
    Replies: 2
    Last Post: 13-07-12, 13:14
  2. Replies: 1
    Last Post: 20-12-11, 19:10
  3. Replies: 0
    Last Post: 08-12-11, 15:58
  4. Replies: 0
    Last Post: 03-12-11, 17:24
  5. Replies: 1
    Last Post: 07-09-11, 18:16

Tags for this Thread

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •  
All times are GMT +7. The time now is 22:43.
Powered by vBulletin® Version 4.2.0
Copyright © 2014 vBulletin Solutions, Inc. All rights reserved.